Seorang teman kagum atas kebersihan mobil saya. Ia bertanya, apakah mobil
saya secara teratur dibawa ketempat cuci mobil? Dengan tersenyum saya
menggeleng dan sambil menunjuk ke sopir, saya berkata mobil ini bersih karena
dia rajin membersihkannya. Coba tebak, apa yang terjadi selanjutnya? Menurut
Anda, bijakkah cara saya ini?
Faktanya adalah saya memuji seseorang secara terang-terangan. Anda juga
bisa mempraktekkannya pada karyawan Anda. Konon, ada mitos bahwa bila kita memuji
secara terang-terangan, maka orang yang dipuji tersebut akan besar kepala dan
efeknya tidak baik.
Tapi, bila kita menggunakan cara yang benar, maka pujian kita itu justru
berdampak positif. Dampak positif itu seperti: mereka akan menikmati pekerjaan,
bekerja lebih keras, bahkan membagi kebahagiaan itu dengan rekan-rekannya,
sehingga karyawan lain bisa meniru bahkan berlomba-lomba menciptakan prestasi.
Lalu bagaimana cara memuji yang benar itu?
1. Tulus
Pujilah karyawan
Anda setulus dan sepositif mungkin.
2. Waktu
Yang dimaksud di
sini adalah tepat pada waktunya. Jangan terlambat dalam memberikan pujian.
Semakin cepat Anda mengapresiasi hasil kerja positifnya, akan semakin ‘mengena’
pujian Anda. Dan lebih baik jangan terlalu berlebihan, sesuaikan dengan hasil pekerjaannya
saja.
3. Gesture
Gesture berhubungan
dengan bagaimana cara kita menyampaikan pujian itu. Bisa dari bahasa tubuh
maupun mimik muka. Terkadang, karyawan bisa melihat tulus tidaknya kita
memberikan pujian dari poin ini.
4. Sesuai karakter orang yang dipuji
Dalam memberikan
pujian, kita juga harus tahu karakter karyawan yang kita puji. Karena tidak
semua karakter bisa menerima ‘perlakuan’ yang sama. Ada yang lebih senang
dipuji di depan umum, namun ada juga yang lebih suka bila kita menyampaikannya secara
privat.
Lalu ada yang lebih
suka dipuji dengan gaya biasa saja, tapi banyak juga karyawan yang dipuji
dengan gaya berlebihan (hiperbola).
Nah, bagaimana menurut Anda. Share
ke saya, bila Anda punya cara memuji yang lebih bijak.
Salam The NEXT Level!
** Coach Suwito
Sumargo: The Winner Supportive Coach Award & System Award 2014 (Business
Excellence Forum Award 2014)
0 komentar:
Posting Komentar