More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 01 Juni 2015

PUJIAN - By: Coach Suwito Sumargo**

Seorang teman kagum atas kebersihan mobil saya. Ia bertanya, apakah mobil saya secara teratur dibawa ketempat cuci mobil? Dengan tersenyum saya menggeleng dan sambil menunjuk ke sopir, saya berkata mobil ini bersih karena dia rajin membersihkannya. Coba tebak, apa yang terjadi selanjutnya? Menurut Anda, bijakkah cara saya ini?
Faktanya adalah saya memuji seseorang secara terang-terangan. Anda juga bisa mempraktekkannya pada karyawan Anda. Konon, ada mitos bahwa bila kita memuji secara terang-terangan, maka orang yang dipuji tersebut akan besar kepala dan efeknya tidak baik.
Tapi, bila kita menggunakan cara yang benar, maka pujian kita itu justru berdampak positif. Dampak positif itu seperti: mereka akan menikmati pekerjaan, bekerja lebih keras, bahkan membagi kebahagiaan itu dengan rekan-rekannya, sehingga karyawan lain bisa meniru bahkan berlomba-lomba menciptakan prestasi.
Lalu bagaimana cara memuji yang benar itu?
1.     Tulus
Pujilah karyawan Anda setulus dan sepositif mungkin.
2.     Waktu
Yang dimaksud di sini adalah tepat pada waktunya. Jangan terlambat dalam memberikan pujian. Semakin cepat Anda mengapresiasi hasil kerja positifnya, akan semakin ‘mengena’ pujian Anda. Dan lebih baik jangan terlalu berlebihan, sesuaikan dengan hasil pekerjaannya saja.
3.     Gesture
Gesture berhubungan dengan bagaimana cara kita menyampaikan pujian itu. Bisa dari bahasa tubuh maupun mimik muka. Terkadang, karyawan bisa melihat tulus tidaknya kita memberikan pujian dari poin ini.
4.     Sesuai karakter orang yang dipuji
Dalam memberikan pujian, kita juga harus tahu karakter karyawan yang kita puji. Karena tidak semua karakter bisa menerima ‘perlakuan’ yang sama. Ada yang lebih senang dipuji di depan umum, namun ada juga yang lebih suka bila kita menyampaikannya secara privat.
Lalu ada yang lebih suka dipuji dengan gaya biasa saja, tapi banyak juga karyawan yang dipuji dengan gaya berlebihan (hiperbola).
Nah, bagaimana menurut Anda. Share ke saya, bila Anda punya cara memuji yang lebih bijak.
Salam The NEXT Level!


** Coach Suwito Sumargo: The Winner Supportive Coach Award & System Award 2014 (Business Excellence Forum Award 2014)

0 komentar:

Posting Komentar