More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 28 Juli 2016

MEMAAFKAN - By: ActionCOACH BARACoaching

Dalam perjalanan kembali ke Surabaya, seperti biasa saya "membunuh" waktu dengan mampir di toko buku. Umumnya "windows shopping", tapi sering-sering akhirnya beli juga :D. 
Kali ini pada saat "browsing" beberapa buku, saya melewati rak majalah, dan di cover salah "dua" majalah ada judul yang mirip, judul artikelnya, "Manfaat Memaafkan" edisi bulan Agustus 2016. 
Dari judul inilah saya terinspirasi menuliskan artikel ini.
Memaafkan adalah keputusan yang diambil untuk "let go" segala sesuatu yang mengganjal di hati atau kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh orang lain terhadap kita. Memaafkan juga berlaku untuk diri sendiri, memaafkan diri sendiri untuk kesalahan yang kita perbuat dan mengambil nilai positif dari kesalahan tersebut, kemudian "move on".
Apa korelasi langkah ini dengan bisnis kita? Sebagai pemilik bisnis tentu kita juga manusia biasa (kalau ada yang superman mesti ngaku kali ya :D) yang mengalami kejadian-kejadian di bisnis kita sehari-hari, yang juga tidak terlepas dari salah dan maaf.
Tantangannya, jika kita bukan saja tidak bisa move on tetapi juga menyimpan kesalahan-kesalahan ini, dalam bisnis ada konsekuensi-nya. Misalnya, jika kita pernah ditipu oleh pelanggan, apakah kita kapok dengan tidak mencari pelanggan baru atau belajar cara-cara proteksi cerdas supaya tidak tertipu lagi, pilihan di tangan Anda. Keputusan kita untuk memaafkan, mencari cara yang lebih baik dan move on, menentukan keberhasilan kita. Semakin kita takut untuk mengambil langkah (dengan resiko-resiko yang bisa dihitung tentu) semakin lambatlah kemajuan usaha kita.
Cobalah mencari tahu, hal-hal apa yang tidak bisa kita lepaskan yang memperlambat kemajuan bisnis kita? Dengan pelanggan? Suplier? Saudara? Pegawai?
Selamat memberi maaf dan move on :).

Salam The NEXT Level!

0 komentar:

Posting Komentar