Dalam
persaingan bisnis, banyak hal dilakukan pengusaha untuk menarik konsumen. Salah
satunya dengan memberikan diskon ‘gede-gedean’ ataupun harga miring
dibandingkan pesaingnya. Hati-hati, karena hal ini malah menjebak Anda dalam price war (perang harga) dan merugikan
bisnis Anda. Bagaimana mengatasinya?
Menjawab hal ini, BARACoaching
Surabaya (ActionCOACH East Java-Bali) mengadakan forum bertajuk “Winning the
Price War”. Bertempat di Ballroom BARACoaching, PTC Surabaya, acara ini
diadakan dua kali, Jum’at (31/10) dan Sabtu (01/11).
Di
awal acara, salah satu peserta berpendapat, alasan pengusaha memberi diskon
atau harga miring adalah karena permintaan pasar atau konsumen.
“Sebenarnya
permintaan pasar itu kita (pengusaha) sendiri yang bikin. Awalnya kita berniat
membuka pasar lewat diskon dan harga murah pada konsumen. Lama-kelamaan hal ini
jadi habit atau kebiasaan. Siapa yang salah jika kemudian konsumen terus minta harga
murah?” papar coach Humphrey Rusli, selaku pembicara dalam forum hari ini.
Ada 6 langkah yang bisa dilakukan pengusaha untuk
menghindari jebakan perang harga. Pelatih bisnis Internasional ini menyebut,
yang pertama adalah mastery. Mastery
merupakan pondasi bagi pengusaha untuk melakukan pembenahan dalam bisnisnya.
Meliputi disiplin waktu, manajemen keuangan, serta konsistensi.
Poin
kedua membahas tentang keunikan produk/ jasa (niche). Poin ini berbicara tentang apa yang menjadi pembeda antara
Anda dengan pebisnis lain, sehingga lebih ‘dilirik’ atau didatangi konsumen. Bisa
dengan menjadi pelopor dalam menciptakan produk baru (inovasi), menjadi yang
terbaik (the best), dan menciptakan
produk atau jasa yang sifatnya beda dari kompetitor Anda.
Empat langkah selain di atas yaitu daya ungkit
(leverage), pembentukan tim (team), synergy, dan freedom.
Di
akhir acara, Coach Humphrey berharap, setelah mengikuti acara ini peserta mengerti
bagaimana ‘rumus’ menemukan atau membentuk konsumen loyal.
“Saya
berharap mereka paham bagaimana membentuk customer yang loyal sekaligus
memenuhi kebutuhan customer secara konsisten. Memenangkan hati customer bisa
menjadikan Anda tidak perlu lagi terjebak dalam perang harga,” tutur Coach of
The Year 2014 (BEF Award Indonesia) ini.
0 komentar:
Posting Komentar