Mungkin
ungkapan itu disetujui
oleh para pengusaha yang sedang berjuang memperkuat brand-nya di level menengah kecil atau bagi mereka yang baru mulai
usaha. Benarkah demikian?
Dengan
tumbuhnya media-media baru, apps, dan
tools lainnya yang menggunakan internet,
anggapan bahwa menciptakan brand yang
kuat adalah usaha yang mahal semakin tidak terbukti.
GRATIS,
mungkinkah? Berbeda dengan yang dipikirkan orang, meski kebanyakan layanan
media online biasanya gratis, namun
kita jarang menghitung besar biaya untuk tenaga, waktu dan pikiran kita jika melakukan
aktifitas online itu benar-benar
dihitung.
Karena
secanggih apapun medianya ujung-ujungnya didasari oleh kreatifitas dan
konsistensi.
Ada
3 cara sederhana untuk meningkatkan "brand" Anda:
1.
Jadilah story teller
Temukan
sebenarnya siapa prospek terkuat produk / jasa Anda, dimana mereka berada,
bagaimana mereka berkomunikasi dan berinteraksi. Dari sinilah kita menentukan
media apa yang digunakan dan bagaimana menyampaikan kisah istimewa Anda.
Jika
kisah yang Anda sampaikan tepat sasaran, menarik, mungkin juga provokatif, maka
calon pelanggan / pelanggan akan dengan rela menyampaikan kembali kisah Anda
kepada orang lain.
Galilah
apakah ada nilai, proses, kelebihan, solusi tertentu dalam produk Anda. Jika hal-hal
ini disampaikan dengan cerita yang didesain dengan tepat, maka "brand" Anda terangkat dengan
sendirinya
Salah
satu contoh misalnya sebuah produk makanan ringan menggunakan resep yang
organik dan sehat, menggunakan pewarna makanan alami, melakukan proses pembuatan yang
diawasi kebersihannya sehingga produk yang dihasilkan sangat baik mutunya.
Namun proses pembuatan ini tidak pernah diceritakan kepada pelanggan, sehingga
pelanggan tidak jelas mengetahui apa perbedaan dengan produk lain sejenis.
Dengan
tidak menceritakan hal ini sebenarnya kita sedang mengabaikan potensi-potensi
yang kita miliki untuk memperkuat brand kita sendiri. Sayang sekali bukan?
2.
Setialah pada proses
Proses
artinya apa & bagaimana langkah-langkah yang perlu dikerjakan di internal
perusahaan untuk memastikan produk / jasa Anda sama kualitasnya dari waktu ke
waktu.
Proses
artinya selalu ada kemungkinan untuk perbaikan terus menerus.
Proses
selalu memerlukan waktu, tidak dapat di by
pass. Lakukan dengan
disiplin sampai proses ini dapat diulang-ulang secara otomatis oleh seluruh
bagian di dalam perusahaan.
Artinya,
jika prosesnya benar maka hasilnya dipastikan juga benar, jika dilakukan terus
menerus, maka brand Anda akan
dipersepsikan juga dengan benar.
3.
Ukurlah
Jika
kita melakukan aktifitas promosi dan marketing,
yang adalah salah satu cara membangun brand, ukurlah apakah aktifitas tersebut efektif hasilnya. Dengan
mengukur artinya Anda meng-konversi-kan yang tidak terhitung menjadi ANGKA.
Mengapa demikian? Dengan angka kita mendapatkan trend. Jika
kita mengetahui mengapa angka tertentu muncul, maka kita dengan mudah dapat
mengulangi aktifitas yang sama supaya menghasilkan hasil yang sama atau
sebaliknya, mengubah atau meniadakan
aktifitas tertentu yang tidak efektif. Semakin baik angka yang Anda capai, maka semakin besar
kemungkinan brand Anda dikenal.
Salam
The Next Level!
0 komentar:
Posting Komentar