Sambil
menunggu dipanggil boarding, saya pun
duduk di dekat sebuah kedai.
Seorang
ibu tampak kerepotan saat berusaha membawa masuk barang-barang bawaannya.
Pelayan kedai hanya duduk diam memandang dari jarak sekitar 8 langkah di depan
ibu tersebut. Dia tidak beranjak dari tempat duduknya.
Tak lama
kemudian, seorang bapak masuk dan bertanya: “Dik, AC nya kok nggak dingin?”
Si Pelayan
hanya mengangguk tanpa mengucapkan sepatah katapun. Wajahnya datar, tidak
menunjukkan ekspresi apa-apa. Melihat reaksi seperti itu, si penanya batal
masuk dan pindah ke kedai sebelah.
Anda
pernah mengalaminya? Atau bahkan, Anda punya pegawai seperti itu? Sayang
sekali, bila kita masih mempertahankan pegawai bermental seperti itu.
Karena pasti
berpengaruh pada pelanggan Anda. Bukan hanya banyak complaint yang datang, lebih jauh akan menurunkan omzet perusahaan.
Pelanggan semakin berkurang karena tidak mau datang lagi.
Lakukan
tindakan segera. Seperti memindahkan pegawai seperti itu ke bagian yang tidak
bertemu/ berhubungan langsung dengan konsumen. Atau jika tidak sanggup mengubah
perilakunya, ambil tindakan tegas yang Anda anggap terbaik untuk perusahaan.
Salam The
NEXT Level!
* Coach Suwito
Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun
Bisnis Keluarga dan franchise
otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year
2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah
banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih
menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam
bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar