Suatu hari
seorang teman mengajak saya ke toko handphone. Dengan langkah pasti, dia menuju
sebuah toko yang terletak di deretan dalam. Ini bagian yang jarang saya
kunjungi.
Oops...ternyata
toko yang dituju ramai sekali. Kami harus menunggu hampir 10 menit, sebelum
seorang pramuniaga menghampiri. Dengan cekatan dia melayani teman saya itu.
Iseng-iseng
saya nanya ke teman: “Ini toko langgananmu kah?”
“Iya. Saya
selalu beli disini.”
“Kenapa?”
“Murah.
Paling murah.”
“Oo...,” saya
pun menganggukan kepala tanda paham. Positioning
toko ini adalah menjadi yang termurah.
Mungkin
ini sebabnya, toko ini tak perlu lokasi yang strategis, di deretan depan. Dan
mungkin ini pula sebabnya kami harus rela menunggu.
Di toko
ini, tak ada kursi untuk menunggu dengan nyaman. Tak ada minuman segelas pun
yang disuguhkan. Etalase-nya jadul dan terlihat tidak terawat.
Toko ini
tidak mengandalkan premium service. Tapi
dia harus pintar menekan biaya, karena tak ada budget promosi.
Apakah
bisnis Anda termasuk kategori seperti ini?
Salam The
NEXT Level!
* Coach Suwito
Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun
Bisnis Keluarga dan franchise
otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year
2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah
banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih
menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam
bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar