More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 23 Februari 2015

KAPAN ANDA MEREKRUT KARYAWAN? - By: Coach Suwito

“Ada berapa kandidat?”
“Dua orang.”
“Ya sudah, rekrut aja dua-duanya.”
“Bapak tidak menginterview dulu?”
“Ndak usah. Besok mereka langsung suruh kerja aja.”
Itu cuplikan pembicaraan sang Boss dengan Staf-nya. Kita tentu bisa menduga-duga situasi yang terjadi, yaitu sang Boss sedang kepepet dan amat butuh pegawai. Dan saking kepepetnya, sang Boss sampai-sampai mengabaikan interview.
Padahal interview merupakan salah satu tahapan penting dalam proses rekrutmen. Melalui interview kita bisa mengungkap karakter seseorang, termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang seringkali ditutupi oleh kandidat.
Selain interview, kita juga perlu melakukan serangkaian tes untuk membuktikan karakter dan bakat-minat sesungguhnya. Ini akan berguna untuk merencanakan tahapan pelatihan yang dibutuhkan untuk pengembangan si kandidat.
Tahapan lain yang juga perlu dilakukan ialah pemeriksaan rekomendasi. Bila kita menyempatkan diri untuk menghubungi pemberi rekomendasi, maka akan lebih banyak fakta yang bisa terungkap. Siapa tahu ada fakta-fakta positif yang bisa membuat si kandidat menghasilkan top performance?
Ah, andai sang Boss tidak kepepet waktu, maka proses rekrutmen bisa dijalani dengan lebih baik. Jadi, sebaiknya lakukan saja rekrutmen terus-menerus, tidak perlu menunggu kepepet. Siapa tahu, kita justru menemukan kandidat-kandidat yang lebih baik dibandingkan karyawan yang ada saat ini.
Bagaimana pendapat Anda? Semoga tulisan di atas bisa membuka wacana dan inspirasi dalam bisnis Anda.
Have a Nice Monday...and... Salam The NEXT Level!

0 komentar:

Posting Komentar