More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 18 Desember 2014

SALES DAN MARKETING - By: Coach Ruaniwati

Hari ini dalam dua kesempatan terpisah, saya berdiskusi dengan 2 pemilik bisnis, yang walaupun bidang usaha mereka berbeda, topik yang dibicarakan ada kesamaannya, yaitu seputar sales dan marketing.
Yang satu seorang Bapak, pengusaha penyedia jasa layanan, yang lainnya seorang Ibu,  pengusaha produk pakaian batik. Ketika saya tanyakan apa saja yang telah mereka rencanakan untuk menaikkan penjualan, dengan semangat mereka menceritakan rencana-rencananya mengerek penjualan.
Sayangnya, waktu saya tanyakan kembali apa langkah-langkah yang telah dilakukan dan tingkat keberhasilannya, si ibu memberikan tanggapan, “Iya, sejauh ini saya belum melakukannya karena saya tidak bisa fokus, ada saja pekerjaan harian yang harus saya bereskan, sehingga tahu-tahu bulan demi bulan berlalu begitu saja dan rencana saya hampir terlupakan”.
Hal lain yang dikemukakan oleh Bapak adalah, “Waktu akan mulai, saya terbentur beberapa halangan yang perlu usaha dan waktu untuk menjalaninya, sampai saya kehilangan semangat untuk melakukannya”.
Sounds familiar?
Bagaimana caranya supaya rencana-rencana yang telah kita buat dapat kita lakukan dan mendapatkan hasil?
Kuncinya adalah disiplin. Yang paling menantang bagi para pemilik bisnis adalah mendisiplinkan diri sendiri. Siapa? Ya, DIRI SENDIRI!
Bagi yang belum pernah merencanakan dengan sengaja membuat strategi dan perencanaan sales & marketing, mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana yang bisa segera dilakukan. Misalnya, produk atau jasa apa yang paling laku selama 6 bulan terakhir? Atau produk atau jasa layanan apa yang jika diberi nilai tambah akan jadi lebih moncer? Produk atau jasa apa yang paling tinggi marginnya? Dengan melakukan analisa sederhana ini, Anda dapat merencanakan hal-hal yang bisa dilakukan segera.
Jika rencana dan strategi telah ada, buatlah langkah-langkah untuk melakukannya. Membuat rencana waktu harian membantu Anda membuat pola bekerja yang baik. Patuhi rencana harian Anda, jika Anda sulit mematuhi rencana harian Anda, mintalah orang lain misalnya staf atau orang yang Anda percaya untuk mengingatkan hal ini.
Mendekati pergantian tahun 2015, ini adalah waktu yang baik untuk merencanakan sesuatu sehingga memasuki tahun baru nanti, Anda bisa menjalankannya. Nantikan hasil terbaik!!
Selamat mengakhiri tahun 2014 dengan gemilang dan memasuki tahun 2015 dengan harapan yang baru pula.


0 komentar:

Posting Komentar