More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 05 Oktober 2015

RESPON CEPAT - By: Coach Suwito Sumargo**

Santap siang dengan menu kesukaan di depot favorit...ehm, yummy. Tapi kali ini beda. Setelah menyiram kuah ke piring nasi dan lauk, 1 sendok pertama pun masuk ke mulut. Oops...rasanya lain, nggak seperti biasanya, kali ini terasa asin. Saya coba lagi sendok kedua...tidak salah, terasa amat asin.
Saya pun menoleh ke si penjual sembari bertanya: "Bisa minta kecap manis?"
Si penjual balik bertanya: "Kenapa?"
"Asin," jawab saya sambil nyengir.
"Tolong jangan dimakan. Saya segera ganti dengan yang baru," jawabnya tangkas sambil bergegas masuk ke dapur.
Tak lama kemudian, pelayan menyodorkan 1 set menu baru.
"Yah, sudah pas," kata saya sambil mengacungkan jempol.
Dalam hati saya mengagumi, depot ini sudah memberikan layanan prima. Dia tahu tanda-tanda awal pelanggan yang bakal nggak puas. Saya memang pelanggan setia dan si penjual tahu pasti dengan kesukaan saya, yang notabene adalah menu standard mereka.
RESPON CEPAT, itu kata kuncinya.
Di banyak perusahaan, respon atas complaint seringkali lambat. Bahkan berbelit, seolah si pengusaha menolak dicomplaint. Seolah kesalahan itu ada pada pelanggan. Alhasil, pelanggan pun ngomel: "Pengusaha kok mau menangnya sendiri". Perusahaan seperti ini sangat mungkin ditinggalkan pelanggannya.
So, apakah Anda sudah memiliki team yang mampu memberikan respon cepat, untuk mempertahankan kepuasan pelanggan?


** Coach Suwito Sumargo: The Winner Supportive Coach Award & System Award 2014 (Business Excellence Forum Award 2014)

0 komentar:

Posting Komentar