More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 15 Oktober 2015

BEYOND MONEY - By: Coach Ruaniwati*

Akhir-akhir ini saya sering menanyakan pertanyaan ini kepada diri sendiri, apakah ada alasan tertentu saya memulai suatu bisnis? Menjalankannya dan mempertahankannya? Terutama pada masa-masa menantang seperti sekarang ini?
Jawaban yang sering muncul antara lain: "ow, karena dengan usaha ini saya mendapatkan penghasilan", atau "dengan ini saya bisa menghidupi pegawai" atau "dengan ini saya mampu membeli barang-barang yang saya butuhkan dan inginkan", dan banyak lagi alasan lain.
Coba kita pikirkan sejenak, apakah ada alasan lain yang sebenarnya nilainya tidak bisa dilihat dari sisi pendapatan atau uangnya saja.
Seorang teman yang meneruskan usaha orang tuanya sebagai generasi kedua berkata: "Saya ingin berbakti kepada orang tua dengan cara meneruskan dan membuat usaha ini berkembang."
Usaha lain, seorang pemilik klinik kecantikan berkata, "Saya ingin membantu setiap wanita untuk percaya diri dengan merawat kecantikan mereka."
Apakah Anda punya alasan lain yang "beyond money", yang membuat anda bertahan di waktu-waktu sulit? Yang menopang untuk tetap "kuat" meski ada badai di usaha Anda?
Jika Anda menemukan alasan ini, saya yakin pelanggan akan merasakannya, karena hal ini akan tercermin pada segala hal yang sedang kerjakan di bisnis Anda.
Nilai-nilai yang diyakini akan terserap di karyawan Anda dan pada gilirannya akan dirasakan juga oleh pelanggan, bahkan supplier.
Lalu jika demikian, apakah profit tidak penting? Apakah pendapatan tidak perlu dihitung?
Omzet dan profit tetap penting sebagai indikator kesehatan usaha kita, namun tanpa ditopang oleh alasan "beyond money", kita akan cenderung berpikir jangka pendek. Padahal menjalankan dan membangun bisnis adalah "permainan" jangka panjang. Siapkah Anda "bermain" untuk jangka panjang?
Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-          Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di SHE 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar