Kita baru saja melakukan pilkada serentak kemarin di semua daerah di
Indonesia. Saya tertarik mengamati bagaimana para calon melakukan kampanye
(baca: promosi).
Biasanya salah satunya dengan menyampaikan apa yang akan mereka kerjakan
jika terpilih, seakan-akan dengan mengerjakannya, mereka sedang memenuhi
kebutuhan dan keinginan kita bukan?
Bagi calon yang incumbent, yang
telah mempunyai track record, ini
akan jauh lebih mudah karena sudah ada buktinya dan biasanya lebih tahu apa
yang diinginkan oleh pemilihnya.
Sedang bagi calon yang baru, mereka perlu menyampaikan ide, gagasan dan
rencana dengan lebih jelas, karena para pemilih mungkin tidak tahu siapa mereka
dan "track record" dalam
bidang mereka.
Mereka yang dianggap "related"
dengan pemilih mempunyai kans lebih besar untuk dipilih.
Dalam marketing, salah satu hal yang penting, mirip dengan pemilihan calon
kepala daerah adalah rasa "related"
ini, karena setiap orang ingin dimengerti keinginan dan kebutuhannya.
Terjemahan bebas "related"
adalah "nyambung". Bagaimana mendapatkan rasa nyambung ini? Sehingga
produk/ layanan kita nyambung dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, bahkan
sebelum mereka benar-benar merasakannya.
Paling tidak ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menimbulkan hal
ini:
1. Cobalah berpikir
dan menempatkan diri Anda dari sisi pelanggan, apa yang dipikirkan atau
diinginkan oleh "saya"?
2. Bertanyalah
kepada pelanggan dan ceritakan hal-hal yang Anda telah kerjakan dan yang akan
dikerjakan.
Tanyakan apa pendapat mereka. Pikirkan motivasi yang
mendasari jawaban-jawaban tersebut. Apakah pelanggan Anda ingin aman? Ingin
kejelasan? Ingin dilibatkan? Ingin mendapat hal-hal yang spesifik?
3. Lakukan survei
yang lebih serius dengan cakupan yang lebih luas.
Cara ini tentu saja memerlukan lebih banyak
persiapan, usaha dan dana. Tetapi jika jelas tujuannya, hasil yang didapat akan
menolong kita mengerti perilaku calon pelanggan/ pelanggan kita dan bisa
digunakan untuk mengubah apa yang kita kerjakan supaya lebih
"nyambung" dengan pelanggan.
Jika Anda ingin di-"coblos" oleh pelanggan lagi dan lagi,
pastikan Anda "related"
dengan mereka. Apakah Anda incumbent
atau calon baru? Sudahkah Anda "nyambung"?
Salam The NEXT Level!
* Coach Ruaniwati:
-
Pelatih
bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.