Tahukah Anda bahwa
setiap kita mempunyai pola tertentu dalam hidup kita, entah disadari atau tidak. Pola ini dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita
lakukan sehari-hari. Dari mana asalnya
kebiasaan ini bisa terbentuk? Ada yang asalnya dari kebiasaan sejak kecil dan
lingkungan, juga bisa berasal dari keputusan yang kita ambil pada waktu
tertentu. Misalnya, kita
terbiasa sikat gigi setiap hari karena sejak kecil kita diajar dan dibiasakan
untuk melakukan itu.
Jika suatu kebiasaan
terbentuk karena keputusan yang kita ambil, biasanya ada kejadian tertentu yang
mendorong kita mengambil tindakan. Seperti contoh, kita memutuskan untuk hidup sehat setelah ada anggota keluarga yang sakit karena pola hidup sembarangan. Hal ini berlaku juga dalam bisnis, jika Anda punya kebiasaan
tertentu dalam melakukan aktifitas marketing misalnya, apa dasar dari tindakan
Anda tersebut?
Katakanlah jika
sejak awal usaha Anda, promosi yang dikerjakan melalui iklan di koran dan
mendatangkan penjualan, apakah cara ini masih valid sekarang dan mendatangkan
hasil? Atau karena terbiasa
melakukannya, Anda sudah tidak lagi
memikirkan hasilnya, hanya karena sudah terbiasa?
Seberapa sering kita
memeriksa kembali kebiasaan-kebiasaan apa yang kita kerjakan di bisnis yang
memang menghasilkan? Apakah kebiasaan-kebiasaan
yang kita kerjakan sekarang masih memberi benefit
buat kita? Memeriksa kembali
dari waktu ke waktu kebiasaan ini bisa menolong kita melihat mana kebiasaan
positif yang harus dipertahankan dan mana kebiasaan yang dulunya positif, sekarang
sudah tidak relevan lagi dengan usaha kita.
Atau jangan-jangan
kebiasaan yang dulunya positif sekarang menjadi negatif, jika itu terjadi, berani-kah
Anda mengubah / mengoreksi kebiasaan ini? Atau malas mengganti dengan kebiasaan baru karena Anda harus
memulai dari awal lagi? Selamat menciptakan ulang kebiasaan Anda!
Salam The NEXT Level!
* Coach Ruaniwati:
-
Pelatih
bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.