More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 10 Agustus 2015

“Dalam Bisnis, Perlu Tidak Kita Membentuk Multi Segmen? atau Cukup Fokus di Satu Segmen Saja?” (Hasil FDG IX)

Moderator : Coach Humphrey Rusli

Hasil penelitian/ jawaban kuesioner :

  1. Apakah jenis bisnis/ perusahaan anda?
60% responden penelitian ini bergerak dibidang manufacture, sedangkan 40% nya
bergerak dibidang jasa.

2.       Anda menyadari segmentasi produk/ jasa anda pada saat :
Sebanyak  47%  responden menjawab bahwa mereka menyadari segmentasi produk/ jasa mereka pada saat  mereka akan memulai bisnis. Sedangkan sebagian besar yaitu 53% responden menyadari segmentasi produk/ jasa mereka pada saat bisnis sudah berjalan.
  1. Tujuan segmentasi dalam bisnis anda (jika ada) adalah
·         Sebagian besar berpendapat bahwa segmentasi ini sangat diperlukan terutama
agar fokus  dan mengetahui target pasar.
·         Mengelompokkannya untuk memerluas bisnis serta
·         Menentukan strategi baik di harga, promosi maupun perlakuan konsumen

  1. Menurut anda bisnis yang bagaimana yang perlu fokus di satu segmen saja ?
·         Bisnis yang baru dimulai
·         Bisnis yang memiliki banyak kompetitor
·         Bisnis yang memiliki niche market dan unik
·         Bisnis yang B to B

  1. Menurut anda bisnis yang bagaimana yang perlu fokus di multi segmen ?  
·         Bisnis yang sudah stabil dan yang ingin berkembang/ mengembangkan
bisnisnya lebih luas lagi.
·         Bisnis yang sudah stagnan di satu segmen saja
·         Bisnis yang tidak memiliki keunikan
·         Bisnis Manufacture

Segmen adalah market kita baik menengah atas maupun bawah. Dalam berbisnis apakah kita harus :
  1. Mencari segmen dulu baru menyediakan barang/ jasa atau
  2. Menyediakan barang/ jasa dulu baru mencari segmen?

Dua-duanya bisa dilakukan tetapi dua-duanya pun memiliki perbedaan, pada poin pertama harus memiliki disiplin dalam network, logistic, supply chain management dan multiple supplier. Sedangkan pada poin kedua, harus memiliki kemampuan tertentu, memiliki kualitas dan memiliki market research.
Parameter segmen bisa di kategorikan dari :

-          Gender, usia                             -  Lifestyle
-          Profesi,                                     -  Hoby
-          Strata Ekonomi Sosial              -  Profesi
-          Tingkat pendidikan,                  -  Kebudayaan
-          Tingkat pendapatan,                 -  Teritorial

Bagi pebisnis pemula, disarankan untuk tidak mementingkan segmen dulu tetapi lebih kepada bagaimana mendatangkan konsumen dan mendatangkannya lagi.
Sekarang bisnis sudah sulit disegmenkan, yang benar adalah kita harus bisa menciptakan segmen, mengapa sulit disegmenkan? Karena:

  1. Saat ini teknologi sudah sangat terjangkau, informasi cepat sampai ditangan konsumen dan konsumen saat ini bisa menjadi golongan yang bisa masuk kesemua segmen.
  2. Kondisi keuangan, dimana saat ini banyak fasilitas-fasilitas yang memudahkan dalam meminjamkan uang. Sehingga dengan kemudahan tersebut orang bisa menjadi segmen/ golongan menengah atau atas.
  3. Produk/ jasa saat ini sudah sulit diklarifikasi karena memiliki perbedaan yang tiipis, kecuali barang/ jasa yang premium sekali.

        Kita harus menciptakan segmen dengan mencari Needs dan Wants konsumen. Wants yaitu apa yang konsumen inginkan dan Needs adalah kita menjual apa yang mereka butuhkan. Apapun produk/ jasa anda apakah yang mau dan yang suka cukup banyak? untuk mengetahuinya kita bisa melakukan tes market, dan jika tidak ada yang mau berarti produk/ jasa kita tidak memiliki segmen.

Jika kita bisa menangkap apa keinginan konsumen maka dari serangkaian keinginan-keinginan tersebut kita bisa menarik benang merah segmen bisnis kita. Seorang pebisnis harus mampu :

1.       Mencari formula mengapa konsumen mau datang sampai menemukan segmen yang kita ciptakan sendiri.
2.       Mampu membuat sinergi sebelum expansi. Sinergi yaitu apakah bisnis anda sudah memiliki sistem yang saat anda tinggal bisa tetap berjalan baik marketing, sales, service maupun operasionalnya.

Yang perlu tekankan yaitu strategi mencari dimana Wants-nya, karena untuk Needs-nya bisa/ mudah di copy oleh orang lain.

 
Ingin Mengikuti Forum Diskusi Grup (FDG) ini tiap bulan?
Segera Daftar jadi Member, FREE

Research & Development Team

0 komentar:

Posting Komentar