business-forum

coaches

More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 29 Mei 2017

WOW... - By: Coach Suwito Sumargo*



Delay...rasanya sudah jamak bagi saya. Statistiknya 80% pasti delay dibanding 20% ontime. Bahkan, persentase ontime bisa jadi lebih kecil dari 20%.
Bila saya ingin terbang (dengan persentase) ontime yang lebih besar, maka saya harus memilih penerbangan yang tiketnya lebih mahal. Ya tentu saja, hukum ‘ono rego ono rupo’ (ada harga ada rupa), berlaku. Penerbangan tertentu memang terkenal commited dengan jadwal yang dipublikasikan. Ketepatan waktunya (hampir) selalu bisa diandalkan. 
Tapi, saya pernah dibuat kagum ketika penerbangan (yang biasanya molor itu), kali ini tetap terbang meski penumpangnya hanya 4 orang. Padahal kapasitasnya 80-an orang. Ehm...seperti naik pesawat pribadi aja, deh. Kenapa saya kagum? Karena penerbangan ini ternyata berusaha menepati janjinya ke saya dan 3 orang penumpang lainnya. Ia tetap menerbangkan saya pulang ke Surabaya. Memang kali ini delay-nya 3 jam. Ya, ndak tanggung-tanggung: tiga jam. 
Bandingkan dengan pengalaman saya yang lain: naik KA eksekutif, yang selalu on time. Interior gerbongnya lumayan mewah. AC-nya dingin, TV menayangkan film atau lagu. Selimut dan bantal kecil tersedia (free of charge). Dan harganya jelas terjangkau alias lebih murah. Layanan dan fasilitasnya jelas layak diacungi jempol. 
Kedua moda transportasi ini tak bisa dibandingkan begitu saja. Ini tidak setara, not Apple to Apple. Ekspektasi penumpang pesawat jelas lebih tinggi. Tapi untuk mendapat layanan premium (kelas atas), mereka harus merogoh kocek 3x lipat, lebih mahal ketimbang tiket kereta api kelas eksekutif.
Bila Anda ingin memuaskan konsumen/ customer Anda, perhatikanlah seberapa tinggi harapan dan tuntutan mereka. Bila mereka mendapatkan layanan, fasilitas dan kenyamanan yang lebih tinggi dari harapan/ tuntutan, mereka akan mengacungkan jempol dan memberi pujian.  
Bila dibandingkan dengan layanan kereta api 30 tahun yang lalu, apa yang saya alami saat ini (naik kereta api) betul-betul sebuah kejutan. Sebuah WOW.
Tapi bila dibandingkan dengan pengalaman naik pesawat (business class)...ya masuk belum wow amat. 
Tapi, awas...tuntutan masyarakat berubah. Sekarang, on time lebih (terasa) berharga, ketimbang fasilitas lounge/ ruang tunggu yang mewah. No delay, akan lebih memberikan efek WOW. 
Bagaimana dengan konsumen/ customer Anda? Apa tuntutan dan harapan mereka? Sudahkah kita memperoleh acungan jempol mereka?  
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

Senin, 15 Mei 2017

GE PE EL - By: Coach Suwito Sumargo*



Siang itu saya terpaksa memilih menu Burger. Ini bukan pilihan favorit, tapi saya pikir menyajikan Burger nggak perlu waktu lama dibandingkan Steak, Pizza atau Nasi Goreng. Kebetulan, cafe yang saya kunjungi kali ini lebih bernuansa western. Ternyata, saya keliru. Burger saya baru tersaji setelah 15 menit. Alhasil, saya harus terburu-terburu menyantapnya. 
Ya, saya memang lupa menyampaikan pesan khusus 'GPL' (Gak Pake Lama) ke pelayan. Biasanya, bila terburu-buru saya selalu bilang : 'Mas (atau Mbak)...nggak pake lama, yaa!'. Saya yakin Anda tahu maksud saya. 
Sekarang ini, segala hal cenderung instant. Maka menyajikan burger dalam 15 menit terasa lamaaa banget. 
Mari kita bandingkan proses cek in di bandara dengan di stasiun. Di bandara, kita butuh minimal 1 menit untuk cek in yang dilayani petugas. Tapi, kita juga bisa cek in via web (bahkan bisa cetak boarding pass sendiri). 
Bagaimana dengan proses cek in di stasiun yang tanpa petugas dan hanya butuh waktu beberapa detik saja? Nyaris instant.
Saya yakin, di kemudian hari, konsumen akan lebih menyukai proses cek in yang instant. Baik di bandara maupun di stasiun. 
Proses yang instant juga terjadi di saat kita akan ambil tunai. Tak perlu layanan petugas. Bahkan proses setor tunai pun sekarang sudah tak perlu lagi layanan teller/kasir.
Saya (dan juga Anda) mungkin terpengaruh dengan fenomena fast food yang nyaris instant. Burger tersaji dalam waktu kurang dari 2 menit. Lagi-lagi, nyaris instant. Sebagai konsumen, kita terbiasa minta layanan cepat. Saya yakin, fenomena ini juga terjadi di bisnis Anda. Bagaimana mempercepat proses di bisnis Anda? Tepatnya : bagaimana mempercepat proses 'pencetakan' uang di bisnis Anda? 
Kita ambil contoh, di penerbangan. Proses memilih dan menentukan penerbangan, sekarang ada berbagai pilihan :
1. Pilih harga yang terjangkau
2. Pilih jam berangkat yang sesuai
3. Pilih layanan sebelum, saat dan sesudah penerbangan
4. Pilihan lain : lama penerbangan, manfaat sebelum &  setelah penerbangan
5. Dan lain-lain. 
Sudah jamak, kita cenderung menggunakan Apps di smart phone kita untuk menyajikan info penerbangan termurah atau tercepat. Semuanya nyaris instant
Selanjutnya, proses pembayaran sampai mencetak tiket atau cek in, kita pun bisa mengerjakan sendiri...dan nyaris instant. Tak perlu keluar kantor atau menelpon agen perjalanan. 
Hanya proses pemeriksaan di bandara saja yang masih konvensional dan butuh waktu. 
Dunia sudah berubah. Membuat burger yang nyaris instant sebenarnya sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun yang silam. Semoga kita sadar dengan perubahan jaman dan tuntutan jaman yang serba instant. 
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

Senin, 17 April 2017

SECURITY DAN STROLLER - By: Coach Suwito Sumargo*

Satu hari, waktu menunggu jemputan di lobi hotel, tampak sebuah mobil berhenti. Dengan tergopoh-gopoh driver-nya keluar, membuka pintu belakang dan mengeluarkan stroller. Dari dalam mobil keluar pula seorang wanita muda dan baby sitter-nya. Si driver tampak kesulitan membuka stroller. Security yang sejak tadi mengamati, dengan sigap membantu...dan dalam sekejap stroller pun sudah siap. 
Iseng-iseng saya menyapa si security tadi, “Anda terampil sekali, ya?”
“Oh...membuka stroller? Iya pak, mungkin karena saking seringnya mengamati kejadian seperti tadi.”
Dari omong-omong sejenak itu, saya tahu bahwa si security ternyata memang dilatih untuk mengamati kejadian di sekitar nya dan wajib tanggap mengulurkan tangan atau bantuan. Kebetulan, si security ini tergolong orang yang ‘prigel’ dan gampang paham hal-hal yang bersifat teknis seperti membuka/ melipat stroller. Dia bahkan bisa bercerita bahwa tiap stroller pasti ada tombol atau tuas untuk melipat/ membukanya. 
Di perusahaan kita, mungkin ada satu-dua orang yang ‘prigel’ dan bisa langsung belajar sendiri. Tapi, saya masih sering melihat bahwa sang Boss malah mengerjakan sendiri beberapa pekerjaan yang seharusnya bisa didelegasikan. 
“Ah, kerjaan seperti ini nggak bisa saya delegasikan. Bisa rusak nih peralatan ini. Perbaikannya mahal,” begitu jawab seorang teman, ketika saya bertanya kenapa hal itu dikerjakan sendiri? 
Ada beberapa alasan, kenapa seseorang tidak mendelegasikan:
1. Dia tidak bisa atau tidak tahu bagaimana cara mengajarkannya. 
2. Dia tidak mau mengajarkannya, karena berbagai alasan. 
3. Dia sudah mencoba mengajarkannya, tapi selalu gagal. Mungkin karena cara mengajarkannya yang salah atau keliru dalam memilih orang. 
Mengajarkan (apa saja) ke orang lain butuh metodologi, butuh langkah-langkah/ urutan, butuh kesabaran dan yang terpenting adalah butuh kemauan untuk membuat orang lain untuk bisa dan jadi pintar. 
Apakah Anda pernah mengalaminya? 
Salam The NEXT Level!



* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

Senin, 03 April 2017

KISAH PERANG HARGA PENJUAL SOTO - By: Coach Suwito Sumargo*

Kali ini saya bermalam di hotel, minus sarapan. Berarti, saya punya kesempatan untuk keluyuran pagi-pagi, mencari sarapan. 
Pagi itu, saya menyeberang jalan. Di situ ada rombong soto ayam dekat halte bis. Sudah ada 4 - 5 orang yang duluan. Dari pakaian, kelihatan kami beda kelas. Setelah selesai makan, saya bertanya: “Berapa?”
Nasi soto plus es teh manis, 13 ribu,” sahut si penjual sambil senyum. 
Keesokan harinya, saya bangun lebih pagi. Kali ini saya memilih sarapan soto yang lain, 100 meter lebih jauh.
Dari eksteriornya, tampak depot ini lebih berkelas. Ada tempat parkirnya pula. Di dinding ada poster promosi: bla bla bla... 8ribu. Dengan enteng saya mengacungkan jari ke poster itu sambil berkata: “Tambah es teh manis satu.”
Saatnya membayar. “Berapa?”
“10 ribu,” sahut si kasir tanpa ekspresi. Saya pun melongo, lebih murah dari soto yang kemarin! Gila, ternyata soto pun ada perang harga. 
Penjual soto pertama, tak punya pegawai. Semua dikerjakan sendiri. Depot soto kedua punya 3 orang pegawai. Urusan rasa, tidak beda jauh. 
Depot soto kedua memang ramai dikunjungi, sejak jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Rombong soto pertama hanya berjualan hingga jam 9 pagi, lalu pindah entah kemana. 
Diam-diam saya menggerutu, sampai kapan si rombong soto pertama bisa bersaing dengan depot soto kedua?
Anda mungkin mengalami situasi serupa. Positioning pesaing mungkin lebih baik ketimbang Anda. Pesaing Anda menang lokasi (dekat Halte Bis). Sementara Anda menang eksterior dan lebih berkelas. Masing-masing punya pelanggan dari segmen yang berbeda. 
Pertanyaannya : “Bila Anda pemilik depot soto kedua, apakah Anda juga akan melakukan promosi harga (8ribu)?”
Ingin tahu pendapat saya? 
Jawab dulu pertanyaan diatas, lengkapi dengan alasan Anda dan kirim ke suwito@baracoaching.com.
Salam The NEXT Level!



* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

Senin, 20 Maret 2017

HAAH! 400 PELAMAR? - By: Coach Suwito Sumargo*

“Haah! 400 pelamar?” sergah teman saya sambil terbeliak. Dia betul-betul kaget, ketika staf-nya bilang ada 400 orang yang memasukkan lamarannya.
“Gimana nih nanganinya?” sambungnya.
“Tenang, aku bantu deh”.
Dia pun langsung nggak panik lagi. 
Selama seminggu berikutnya, saya (dibantu seorang admin) men-download semua lamaran. Lalu memilah-milahnya berdasarkan background pendidikan, gender, usia & pengalaman kerja. Berikutnya, seleksi mulai dilakukan. Yang punya pengalaman kerja, kayaknya bisa langsung diundang interview. Tapi jumlahnya puluhan, gimana nih? 
Maka seleksi awalpun dilakukan. Caranya, menelpon satu per satu. Dari percakapan singkat, rata-rata 7-10 menit, langsung bisa dikenali karakter si kandidat. Dan hanya kandidat terpilih yang perlu kita panggil untuk interview tatap muka lanjutan. 
Artikel kali ini bukan untuk membahas langkah-langkah rekrutmen. Kejadian di atas sebetulnya diawali oleh kejadian: karyawan yang mendadak resign. Bahkan bukan hanya 1 orang. Dan teman saya pun langsung panik dan tergopoh-gopoh melakukan rekrutmen. 
Untunglah, sekarang sudah banyak portal yang mengakomodasi rekrutmen. Proses pemasangan iklan lowongan hampir sudah tidak jadi masalah. Dan kalau mau mencari kandidat yang fresh graduate, gampang banget. Karena pelamar fresh graduate sudah ‘melek’ internet dan lebih suka melamar via internet. 
Setiap perusahaan pasti mengalami pergantian karyawan. Jadi, kalau ada karyawan yang sudah tidak mau lagi bekerja di perusahaan kita, ya nggak usah dipikiri, apalagi dimasukkan hati. Nah, bila pergantian karyawan ini sudah bisa dihadapi dengan tenang dan kepala dingin, maka proses rekrutmen bisa dijalani tanpa gejolak emosi. 
Selanjutnya, kita toh sudah tahu job desc yang nantinya harus dikerjakan oleh si karyawan baru. Dari situ kita harusnya tahu ciri-ciri, profile dan karakter yang tepat untuk posisi itu. 
Ada baiknya, meski sedang tidak ada pergantian karyawan, kita tetap melakukan rekrutmen. Setidaknya, kita selalu melatih ketajaman dalam membaca karakter melalui interview
Pertanyaan yang muncul, apakah kalau ada kandidat yang baik, harus langsung direkrut? Bila memungkinkan, ya sebaiknya direkrut. Konon, mencari calon bintang itu tidak mudah. 
Bagaimana pengalaman Anda dalam rekrutmen? Apakah saat ini Anda sedang dalam proses rekrutmen? Silahkan kirim e-mail, bila Anda butuh bantuan. 
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

Senin, 06 Maret 2017

PROMOSI - By: Coach Suwito Sumargo*

Pengusaha 1 : “Gimana kabarnya bisnismu?”
Pengusaha 2 : “Yaa biasa aja kok.”
P 1 : “Wah bisnisku sepi, omzet merosot. Bagi dong kiatmu kok bisa mempertahankan bisnis biasa-biasa dalam kondisi seperti sekarang.”
P 2 : “Yaa promosi-lah. Emangnya kamu nggak promosi?”
P 1 : “Aku dah nyoba, promosi menurunkan harga semua produk. Tapi efeknya hanya sesaat. Setelah masa promosi selesai, omzet pun turun lagi.”
Begitulah cuplikan obrolan dua orang pengusaha dalam sebuah reuni. Kebetulan mereka berdua adalah alumni sebuah SMA. Dan mereka sudah lama sekali ndak saling bertemu.
Pengusaha kedua menceritakan, bahwa dia melakukan promosi secara terus menerus. Tapi, bukan sekedar promosi yang membabi buta.
Dalam bisnis, kita selalu bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan perilakunya. Misalnya di sebuah resto, setelah dicermati saat jam makan siang, ternyata menu yang paling laris adalah masakan Indonesia.
Nah, pengusaha kedua tadi memberikan selembar kupon, tapi hanya kepada pengunjung yang tergolong pengunjung setia saja. Kenapa demikian? Karena kupon tersebut merupakan ungkapan terima kasih atas kesetiaan si pengunjung.
Kupon yang bisa ditukar dengan snack itu dapat dipakai kapan saja. Maka, setiap sore selepas jam kantor, pengunjung setia ini kembali mengunjungi resto, bersantai menikmati snack sambil menunggu kepadatan lalu lintas mereda. Tentu saja resto tidak akan merugi, karena pengunjung tetap membeli minuman.
Langkah promosi ini ternyata didahului dengan riset tentang perilaku pengunjungnya. Dari riset itu diketahui perilaku pengunjungnya, termasuk menu favorit dan nilai pengeluaran rata-ratanya. Sasaranpun dapat ditentukan secara tajam, siapa saja yang dianggap pengunjung setia dan mana yang bukan (pengunjung setia).
Hadiah diberikan kepada pengunjung setia dan bukan untuk pengunjung yang baru pertama kali atau jarang datang.
Ternyata, promosi tidak hanya sekedar menurunkan harga atau memberikan diskon atau bahkan menggratiskan menu tertentu. Benar? 
Promosi diatas memang sangat tepat untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan. Sedangkan untuk memancing agar pengunjung yang belum setia jadi makin setia, atau mengundang pelanggan baru, tentu butuh promosi yang berbeda. Bagaimana kiat promosi Anda?
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.