Siang itu saya terpaksa memilih
menu Burger. Ini bukan pilihan favorit, tapi saya pikir menyajikan Burger nggak
perlu waktu lama dibandingkan Steak, Pizza atau Nasi Goreng. Kebetulan, cafe
yang saya kunjungi kali ini lebih bernuansa western.
Ternyata, saya keliru. Burger saya baru tersaji setelah 15 menit. Alhasil, saya
harus terburu-terburu menyantapnya.
Ya, saya memang
lupa menyampaikan pesan khusus 'GPL' (Gak Pake Lama) ke pelayan. Biasanya, bila
terburu-buru saya selalu bilang : 'Mas (atau Mbak)...nggak pake lama, yaa!'. Saya
yakin Anda tahu maksud saya.
Sekarang ini,
segala hal cenderung instant. Maka
menyajikan burger dalam 15 menit terasa lamaaa banget.
Mari kita
bandingkan proses cek in di bandara dengan di stasiun. Di bandara, kita butuh
minimal 1 menit untuk cek in yang dilayani petugas. Tapi, kita juga bisa cek in
via web (bahkan bisa cetak boarding pass
sendiri).
Bagaimana dengan
proses cek in di stasiun yang tanpa petugas dan hanya butuh waktu beberapa
detik saja? Nyaris instant.
Saya yakin, di
kemudian hari, konsumen akan lebih menyukai proses cek in yang instant. Baik di bandara maupun di
stasiun.
Proses yang instant
juga terjadi di saat kita akan ambil tunai. Tak perlu layanan petugas. Bahkan
proses setor tunai pun sekarang sudah tak perlu lagi layanan teller/kasir.
Saya (dan juga
Anda) mungkin terpengaruh dengan fenomena fast
food yang nyaris instant. Burger
tersaji dalam waktu kurang dari 2 menit. Lagi-lagi, nyaris instant. Sebagai konsumen, kita terbiasa minta layanan cepat. Saya
yakin, fenomena ini juga terjadi di bisnis Anda. Bagaimana mempercepat proses
di bisnis Anda? Tepatnya : bagaimana mempercepat proses 'pencetakan' uang di
bisnis Anda?
Kita ambil contoh,
di penerbangan. Proses memilih dan menentukan penerbangan, sekarang ada
berbagai pilihan :
1. Pilih harga yang
terjangkau
2. Pilih jam
berangkat yang sesuai
3. Pilih layanan
sebelum, saat dan sesudah penerbangan
4. Pilihan lain :
lama penerbangan, manfaat sebelum & setelah penerbangan
5. Dan lain-lain.
Sudah jamak, kita
cenderung menggunakan Apps di smart
phone kita untuk menyajikan info penerbangan termurah atau tercepat. Semuanya
nyaris instant.
Selanjutnya, proses
pembayaran sampai mencetak tiket atau cek in, kita pun bisa mengerjakan
sendiri...dan nyaris instant. Tak
perlu keluar kantor atau menelpon agen perjalanan.
Hanya proses
pemeriksaan di bandara saja yang masih konvensional dan butuh waktu.
Dunia sudah
berubah. Membuat burger yang nyaris instant sebenarnya sudah diperkenalkan
sejak puluhan tahun yang silam. Semoga kita sadar dengan perubahan jaman dan
tuntutan jaman yang serba instant.
Salam The NEXT Level!
* Coach Suwito Sumargo:
- Memiliki
pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise
otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The
Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah
banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan
dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar