More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 07 Maret 2016

INGIN DIPERHATIKAN - By: Coach Suwito Sumargo*

Di tengah hiruk pikuk ruang tunggu, terdengar pengumuman tentang penerbangan saya yang bakal molor 45 menit. Dalam hati, saya bergumam : 'Kayaknya bakal lebih lama deh molornya'.
Saya cuek saja, karena selain ini bukan kejadian yang pertama kalinya, tapi juga karena saya tahu bila cuaca sedang hujan biasanya penerbangan bakal molor. Lagipula, sepengetahuan saya, protes tidak akan merubah situasi jadi lebih baik.
Saya pun melangkah keluar dari ruang tunggu, mencari tempat yang lebih tenang, nyaman sambil menyantap camilan. Atau mencari tempat refleksi untuk menghilangkan penat.
Sambil nyantai, saya mengamati beberapa penumpang yang mengungkapkan perasaannya  penuh kemarahan, karena acara mereka bakal terganggu. Ada penumpang yang cemas karena bakal ditinggal oleh penjemputnya. Ada lagi yang minta ganti penerbangan lain.
Saya juga mengamati mimik cuek para pegawai penerbangan yang menghadapi amukan penumpang. Surprise... ternyata penerbangan tidak tertunda selama itu. Para penumpang pun langsung menunjukkan wajah lega dan sumringah.
Dalam cuaca gerimis, kami pun antri keluar. Dan surprise lagi... kami masing-masing harus ambil payung dan berjalan sejauh 50 meter menuju ke pesawat. Beberapa penumpang enggan mengambil payung karena tangan mereka sudah penuh dengan berbagai tentengan. Saya hanya bisa menggelengkan kepala : servis yang luar biasa (buruknya).
Saya pun teringat akan sebuah hasil penelitian yang mengungkapkan : 18 Customer's Wish List. Salah satunya adalah : To Be Taken Seriously. Yaa... Customer itu pingin diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Nggak seperti yang baru saja saya alami.
Saya pun berpikir, andai ada maskapai penerbangan yang bisa memberi perhatian lebih baik, apakah saya akan pindah? Yes, tentu saja saya akan pindah. Saya lebih suka dipayungi atau dibantu membawakan tentengan.
Bagi saya, rasa nyaman karena diperhatikan dan diurusi dengan baik, lebih berharga ketimbang harga murah tapi dicuekin. Saya yakin Anda juga setuju, bukan? Anda ingin tahu, apa isi 18 Customer's Wish List? Kirim e.mail ke suwito@baracoaching.com. Kami berikan secara cuma-cuma. 

Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar