Scotoma adalah suatu kondisi dimana ada "blind spot" di penglihatan Anda.
Posisinya bisa di tengah, atau di area ujung-ujung penglihatan. “Blind spot" pada scotoma bukanlah
titik gelap namun adalah titik bergetar yang membuat pandangan kita menjadi
buram di titik tertentu.
Jika Anda mengalami scotoma di area tengah penglihatan,
kondisi ini tidak dapat diperbaiki dengan operasi ataupun memakai kacamata. Karenanya
disarankan untuk melihat menggunakan alat bantu.
Beberapa rekomendasi yang disarankan untuk mengkompensasi penurunan penglihatan misalnya membaca dengan audio book, menggunakan filter untuk layar komputer, membaca sesuatu dengan kaca pembesar, dan lain-lain.
Beberapa rekomendasi yang disarankan untuk mengkompensasi penurunan penglihatan misalnya membaca dengan audio book, menggunakan filter untuk layar komputer, membaca sesuatu dengan kaca pembesar, dan lain-lain.
Contoh lain yang menggambarkan ketidakjelasan ini
misalnya, jika kita sedang berkendara di gang sempit yang hanya muat untuk satu
mobil di tikungan, tentu kita tidak dapat melihat mobil lain dari ujung satunya.
Apakah yang kita lakukan pada posisi seperti itu untuk memastikan mobil di
depan tahu? Salah satu cara adalah dengan membunyikan klakson!
Apakah artinya "scotoma" di
perusahaan jika ada relevansinya? Kondisi ini adalah pandangan yang buram
terhadap area-area tertentu di perusahaan yang tidak terlihat jelas. Contohnya
jika kita tidak tahu atau samar-samar melihat efektifitas kinerja anak buah
tanpa alat bantu ukur yang jelas. Jika samar-samar atau buram (biasanya karena feeling owner), tentu menyebabkan kita
tidak dapat mengambil tindakan memperbaiki. Keputusan dan tindakan, baru dapat
diambil sampai kita mampu melihat dengan jelas.
Jika scotoma terjadi, kita perlu melatih indera kita yang
lain (dalam hal ini pendengaran misalnya) untuk bisa memberi gambaran yang
lebih jelas terhadap apa yg tidak bisa kita lihat. Jadi apa yang terlihat buram/
tidak jelas di usaha Anda? Alat bantu apa yang perlu Anda pakai dan latih?
Beberapa hal yang bisa kita lakukan:
1. Terimalah masukan dari orang lain bukan sebagai kritik
tetapi sarana untuk mengevaluasi dan memperjelas dari "indera" yang
lain.
2. Perhatikanlah setiap keluhan baik dari
customer atau anak buah untuk meng-identifikasi area yang buram.
3. Latihlah diri Anda untuk memperjelas
penglihatan dengan alat bantu lain.
Selamat berlatih! Salam The NEXT Level!
* Coach Ruaniwati:
-
Pelatih
bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.
-
Aktif
membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran
radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di
berbagai kampus terkemuka Surabaya.
0 komentar:
Posting Komentar