Satu
hari Minggu, waktu
makan siang di salah satu mall di Surabaya saya mengamati sekeluarga,
terdiri dari Bapak, Ibu dan 2 anak usia remaja. Yang menarik adalah perilaku
Ibunya.
Sejak duduk di restoran sampai makanan
datang, si Ibu
sibuk "sefie" dan share
fotonya, lebih heboh dari anak-anak-nya yang usia remaja :)
Apakah Anda pernah menjumpai hal
seperti ini? Mengapa seorang Ibu yang notabene tidak muda lagi bisa berperilaku
layaknya "ABG"?
Saya kemudian menyadari satu hal,
bahwa setiap orang memerlukan pujian dan penghargaan dari orang lain. Dengan
men-share-kan hasil
"selfie", sadar
atau tidak, seseorang
sedang mengharapkan perhatian orang lain.
Apakah pelanggan kita juga
mengharapkan perhatian dan pujian? Tentu saja! Memang level kebutuhannya sama
untuk setiap orang, tetapi dengan memberikan hal ini kepada pelanggan, Anda
mempunyai jalan masuk untuk mengenali dan berelasi dengan pelanggan.
Bagaimana caranya?
Temukan hal-hal sederhana yang menjadi
kebutuhan pelanggan, misalnya hubungi mereka, tanyakan apa yang dapat kita lakukan
untuk mempermudah mereka.
Sekali-sekali tanyakan hobi mereka. Temukan cara-cara unik
untuk memuji atau menghargai prestasi mereka. Bukan hanya di pekerjaan, tetapi bidang sosial
lainnya jika ada.
Pendeknya, carilah kesempatan untuk
memberikan perhatian kepada pelanggan Anda.
Selamat mencoba! Have Fun!
** Coach Ruaniwati: womanpreneur
dengan pengalaman lebih dari 16 tahun di bidang marketing, branding, dan advertising.
0 komentar:
Posting Komentar