More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 28 Januari 2016

BACK TO BASIC - By: Coach Ruaniwati*

Kami di ActionCOACH melakukan workshop refreshing dengan beberapa klien di awal tahun ini untuk review bisnis masing-masing. Beberapa hal yang sudah dipelajari di tahun lalu ternyata setelah diulang kembali memberikan inspirasi dan semangat (lagi!) untuk bisa mengerjakan dan mempertajam rencana-rencana yang telah disusun untuk tahun ini.
Kapan sebaiknya kita melakukan refreshing (baca: back to basic) seperti ini? Setidaknya setahun sekali, kita perlu me-review kembali apakah yang kita kerjakan sudah selaras dengan yang kita inginkan.
"Back to basic", artinya juga kita wajib melihat dari sudut pandang yang berbeda bukan hanya dengan cara yang sama. Apa yang biasanya kita temukan jika melihat ke basic ini?
1. Menerima kenyataan bahwa bisnis kita mungkin perlu ditata ulang.
2. Kita terlalu fokus pada hal-hal yang kita sukai daripada apa yang perlu dan penting.
3. Kebalikannya, kita mungkin kehilangan fokus atau fokusnya telah berubah.
4. Kita (ternyata) mempunyai orang yang kita tidak diperlukan pada tahap bisnis sekarang atau kita tidak mempunyai orang yang kita perlukan. 
5. Kita tidak disiplin mengukur pembelanjaan uang di usaha kita.
6. Dan seterusnya. Silahkan isi sendiri :) 
Kita hampir saja melewati bulan pertama di tahun ini. Masih ada kesempatan untuk berbenah. Jika Anda sudah melakukan sebagian dari rencana yang telah disusun, baik sekali!
Tetapi selalu ada celah yang bisa diperbaiki dalam bisnis, salah satu cara dengan "back to basic" lagi. Tugas Anda sebagai pebisnis adalah mampu melihat celah-celah ini dan memakai hal tersebut sebagai kesempatan untuk maju. Semangat!
Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-     Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar