More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Senin, 25 Januari 2016

KAPAN SAAT YANG TEPAT? - By: Coach Suwito Sumargo*

Cukup banyak business owner yang bertanya kepada saya: kapan saat yang tepat, saya bisa mengalihkan pucuk pimpinan perusahaan ke anak saya? Ehm...Ini pertanyaan klasik yang tidak mudah dijawab. 
Apakah bisnis Anda sehat? 
Ini pertanyaan yang (sebetulnya) tidak sulit menjawabnya, karena sehat tidaknya sebuah bisnis sudah ada parameternya. Lihat saja di laporan keuangannya. Apakah asset-nya tumbuh atau tumbuh dengan sangat cepat? Apakah asset-nya ini masih terbebani dengan hutang? Apakah asset-nya ini termasuk asset berkualitas? Misalnya, asset yang berupa stok barang, apakah itu barang-barang yang termasuk fast moving atau yang punya nilai tambah tinggi?
Sehat tidaknya sebuah bisnis juga bisa dilihat dari market-nya. Misalnya, apakah pembelinya merupakan pelanggan loyal? Kita juga bisa melihat dari sisi karyawan. Misalnya, apakah proses rekruitmen berjalan dengan lancar dan menghasilkan karyawan jempolan? Dan apakah mereka ini bekerja secara antusias?
Mengapa saya mengungkapkan masalah kesehatan bisnis? Karena siapapun penerus bisnis kita, hampir pasti dia tak mau melanjutkan bisnis yang tidak sehat, tidak punya prospek dan apalagi yang sedang bermasalah.
Baru kemudian saya akan menanyakan hal-hal lain, misalnya : siapa calon penerusnya? Bagaimana kompetensi dan minatnya? Solusi atas masalah sukses memang tidak mudah, bukan? Anda punya solusi cerdas? Atau Anda justru sedang butuh solusi? 
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar