More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 09 April 2015

FENOMENA ‘FAST & FURIOUS 7’ - By: Coach Ruaniwati

Sudah nonton Fast and Furious 7? Salah satu film yang digadang-gadang bakal meraih box office penjualan tahun ini. Lihat saja animo para penonton yang rela antri untuk nonton film yang satu ini. Apa sih istimewanya?
Film ini adalah sekuel ke-7 dari serangkaian film dengan judul sama. Ya, judul sama dan diberi urutan nomor, temanya sama yaitu kebut-kebutan dan pamer mobil keren-keren. Apa sih yang membuat film ini jadi meledak dan dinanti-nanti?
Jika kita perhatikan sejak awal tahun, bahkan sejak akhir tahun lalu, desas-desus yang terus dibicarakan tentang film ini telah membangun momentum dan menimbulkan "rasa penasaran".
Salah satu aktornya, Paul Walker meninggal akhir tahun 2013 setelah shooting film ini selesai, menambah efek berita karena dianggap akting dia yang terakhir. Apakah hanya itu saja?
Dalam salah satu diskusi dengan para pebisnis, saya menanyakan apakah ada yang tahu film ini, hampir semuanya tahu film ini dan kapan akan "main" di bioskop. Malah mereka menjawab dengan bangga karena tahu lebih banyak daripada peserta diskusi yang lain. Luar biasa bukan?
Apa yang kita bisa pelajari dari fenomena Fast & Furious ini?
1. Kerennya cara mereka meng-komunikasi-kan produknya, sehingga jika kita tidak tahu, kita dianggap "tidak gaul" alias gak keren.
2. Media berlomba-lomba menuliskan berita tentangnya, tidak dibayar, malah sebaliknya media mendapat "keuntungan".
3. Perencanaan yang matang dengan "coverage" yang luas, di seluruh dunia. Konsistensi pelaksanaan dan konten kampanye-nya.
4. Menambahkan efek wow dalam produk mereka.
Jadi, mana pelajaran yang kita bisa terapkan untuk usaha kita walaupun dalam skala yang lebih kecil? Apakah desas desus yang diprovokasi, perencanaan yang matang, atau hal lain yang membuat produk atau jasa kita jadi pembicaraan seru, lagi dan lagi?
Ingin menambahkan pendapat Anda dalam artikel ini? Silahkan kirim komentar Anda kepada kami.
Salam The Next Level! 

0 komentar:

Posting Komentar