Sudah
nonton Fast and Furious 7? Salah satu film yang digadang-gadang bakal meraih box office penjualan tahun ini. Lihat
saja animo para penonton yang rela antri untuk nonton film yang satu ini. Apa
sih istimewanya?
Film
ini adalah sekuel ke-7
dari serangkaian film dengan judul sama. Ya, judul sama dan diberi urutan
nomor, temanya sama yaitu kebut-kebutan dan pamer mobil keren-keren. Apa sih yang membuat
film ini jadi meledak dan dinanti-nanti?
Jika
kita perhatikan sejak awal tahun, bahkan sejak akhir tahun lalu, desas-desus yang terus
dibicarakan tentang film ini telah membangun momentum dan menimbulkan
"rasa penasaran".
Salah
satu aktornya, Paul Walker meninggal akhir tahun 2013 setelah shooting film ini selesai, menambah efek
berita karena dianggap akting dia yang terakhir. Apakah hanya itu saja?
Dalam
salah satu diskusi dengan para pebisnis, saya menanyakan apakah ada yang tahu
film ini, hampir semuanya tahu film ini dan kapan akan "main" di
bioskop. Malah mereka menjawab dengan bangga karena tahu lebih banyak daripada
peserta diskusi yang lain. Luar biasa bukan?
Apa
yang kita bisa pelajari dari fenomena Fast & Furious ini?
1.
Kerennya cara mereka meng-komunikasi-kan produknya, sehingga jika kita tidak
tahu, kita dianggap "tidak gaul" alias gak keren.
2.
Media berlomba-lomba menuliskan berita tentangnya, tidak dibayar, malah sebaliknya
media mendapat "keuntungan".
3.
Perencanaan yang matang dengan "coverage"
yang luas, di seluruh dunia. Konsistensi pelaksanaan dan konten kampanye-nya.
4.
Menambahkan efek “wow” dalam produk mereka.
Jadi,
mana pelajaran yang kita bisa terapkan untuk usaha kita walaupun dalam skala
yang lebih kecil? Apakah desas desus yang diprovokasi, perencanaan yang matang,
atau hal lain yang membuat produk atau jasa kita jadi pembicaraan seru, lagi
dan lagi?
Ingin
menambahkan pendapat Anda dalam
artikel ini? Silahkan kirim komentar
Anda kepada kami.
Salam
The Next Level!
0 komentar:
Posting Komentar