More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 19 Maret 2015

KAPAN BUKA CABANG? - By: Coach Ruaniwati

Kapankah waktunya kita membuka cabang? Jika pertanyaan ini diajukan kepada Anda, mungkin jawabannya bisa bermacam-macam. Misal, jika saya sudah punya orang yang tepat atau jika modalnya sudah cukup, dan alasan lainnya. Bagaimana menjawab pertanyaan ini?
Mari kita telaah dengan benar dan ijinkan saya menanyakan, apakah sebenarnya yang Anda inginkan terjadi di bisnis Anda dalam 3 sampai 5 tahun ke depan?  Apakah jawabannya salah satu di bawah ini?
“Oh, saya ingin sales saya naik, saya ingin lebih profit atau saya ingin perusahaan saya lebih dikenal”. Jika jawabannya salah satu dari itu, apakah selama ini cara Anda berbisnis tidak bisa lebih dioptimalkan, sehingga harus membuka cabang baru?
Membuka cabang adalah salah satu cara untuk menaikkan omzet, menaikkan profit dan membuat usaha Anda lebih dikenal, apakah hanya itu saja?
Tentu saja ada banyak cara lainnya untuk meningkatkan hal-hal itu dan tidak harus membuka cabang untuk mencapainya. Membuka cabang juga mengandung resiko-resiko yang harus kita tanggung. Karena itu kita perlu realistis memperhitungkan dan menganalisa dengan baik.
Selain itu, membuka cabang juga harus disesuaikan dengan rencana jangka panjang bisnis Anda. Paling baik jika keputusan yang kita ambil sejalan dengan sasaran jangka panjang. Jika tidak, maka membuka cabang akan menimbulkan masalah atau beban baru.
Jika semua resiko yang mungkin muncul telah diperhitungkan dan mengambil keputusan untuk membuka cabang, apakah yang harus dilakukan? Buatlah perencanaan yang jelas, yang dapat diikuti oleh tim yang terlibat dan didiskusikan dengan mereka. Membuat perencanaan sebenarnya lebih mudah daripada melaksanakannya, mengapa demikian?
Melaksanakan rencana bisnis kita, memerlukan fokus dan konsistensi, bukan hanya dalam hal pembukaan cabang tapi juga di semua area bisnis. Tingkat keberhasilan yang baik ditentukan oleh seberapa baik kita sebagai pebisnis dan tim yang terlibat konsisten.
Bagaimana dengan Anda, apakah ini waktu yang tepat untuk membuka cabang? Ingin tahu lebih banyak?  Silakan emailkan pendapat Anda ke ruaniwati@baracoaching.com.

Salam the NEXT Level!

0 komentar:

Posting Komentar