Dalam
perjalanan ke Lombok kali ini, saya sengaja memilih sebuah penerbangan yang
masih tergolong LCC (Low Cost Carrier),
Penerbangan (dengan) Biaya Ringan.
Ada pengalaman menarik tentang Customer
Care yang bisa kita tiru. Berikut ini pengalaman saya:
Menjelang mendarat di Lombok, salah seorang Pramugara mengucapkan sebuah
pantun. Tak disangka, seluruh penumpang menyambutnya dengan tepuk tangan. Ruang
kabin pun gemuruh oleh celoteh ria para penumpang. Pantunnya kocak.
Sayang...saya lupa mencatatnya.
Baik di perjalanan menuju ke Lombok, maupun sepulang dari Lombok, pantun
Pramugara/ Pramugari selalu disambut tepuk tangan para penumpang. Jelas, mereka
suka akan pantun yang menyegarkan itu.
Di perjalanan pulang ke Surabaya, pesawat melewati cuaca buruk. Pesawat pun
terguncang sangat keras. Jantung saya berdebar-debar, tegang dan mual. Begitu
pesawat sudah mendarat, kami pun lega. Tak pelak, di pintu keluar setiap
penumpang menyalami Pramugara/Pramugari. Maklum, setelah mengalami suasana
tegang, para penumpang tentu lega bisa mendarat dengan selamat. Pantun yang
diucapkan si Pramugara, bukan cuma menghibur tapi juga menghapus ketegangan.
Ada satu hal lagi yang menarik.
Menjelang take off, biasanya
lampu diredupkan. Saat itu saya tidak memperhatikan pengumuman dan tetap
membaca. Diam-diam salah seorang
Pramugari menyalakan lampu baca di atas saya. Dan saya pun mengangkat kepala
sambil tersenyum. Dalam hati saya mengucap : “Terima kasih Mbak Pramugari”.
Sebagai konsumen, perlakuan sederhana seperti itu amatlah menenteramkan. Ada
pantun yang menghibur (dan diapresiasi oleh konsumen). Juga menyalakan lampu
baca (tanpa diminta), sangat layak dihargai.
Meski tergolong Low Cost Carrier,
layanannya ternyata tidak murahan. Sudahkah kita memikirkan Customer Care yang sederhana, nyaris
tanpa biaya, tapi diapresiasi pelanggan kita?
Salam The NEXT Level!
* Coach Suwito Sumargo:
- Memiliki pengalaman
membangun Bisnis Keluarga dan franchise
otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah banyak membantu
kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih
menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam
bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar