More Video! Visit : BARACoaching Channel on Youtube

Kamis, 07 April 2016

CUSTOMER LOVE - By: Coach Ruaniwati*

Pernahkah memikirkan atau membayangkan mengapa pelanggan belanja dari kita? 
Apakah karena kebutuhan, rasa aman, kebiasaan, gengsi, cinta atau sebab-sebab lain? 
Sayangnya, kita tidak selalu tahu mengapa pelanggan belanja dari kita. Jika kita tahu persis, tentu kita lebih mudah memetakan apa yang perlu kita lakukan untuk memperdalam dan mengembangkannya.
Pernah jatuh cinta? perasaan cinta ini mendorong kita melakukan hal-hal yang tidak selalu masuk akal. Bayangkan jika pelanggan jatuh cinta kepada kita, biasanya tanpa diminta mereka bisa memborong produk atau jasa kita, memberi saran-saran membangun supaya kita lebih baik, mengajak teman-temannya untuk mencoba, ingin selalu datang ke gerai kita atau berkomunikasi dengan kita, dan seribu cara lainnya.
Namun sebelum pelanggan jatuh cinta kepada kita, ada hal-hal yang perlu kita lakukan.
Ingat, hubungan yang mesra dan berhasil, bersifat dua arah. Jika searah dan tidak ada timbal balik positif yang dirasakan kedua pihak, akibatnya hubungan bisa "putus" ditengah jalan :).
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat pelanggan jatuh cinta:
1.       Mengenal keinginan dan kebutuhan mereka dengan baik. 
Bantuan seperti apa yang bisa kita berikan supaya mereka mencapai keinginannya?
2.       Berkomunikasi dengan bahasa pelanggan.
Contohnya, jika kita sangat menguasai bahasa teknis produk, kita cenderung berkomunikasi secara teknis, padahal tidak selalu pelanggan mengerti. Pastikan kita mengkomunikasikan dengan istilah yang dimengerti oleh pelanggan.
3.       Memberi "surprise" pada waktu yang tepat.
Surprise menjadi lebih berarti jika kita tahu benar apa yang dibutuhkan pelanggan dan pemilihan waktu yang tepat.
4.       Mendengarkan dan memberikan waktu.
Berapa lama Anda meluangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan mereka? Bagi mereka yang memerlukannya.
5.       Menjadi sumber informasi yang terpercaya.
Kita sering memberi informasi yang berguna walaupun tidak selalu relevan dengan bisnis kita.
Kapan terakhir kali Anda melakukan hal-hal di atas kepada pelanggan? Silahkan bagikan cerita “cinta” Anda dengan pelanggan. Cerita yang menarik akan kami tampilkan di blog kami.
Indahnya berbagi!
  
Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-          Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar