Penyerahan tanda terima kasih dari Prasetyo (kanan), selaku Kabag Event & Promotor JMP kepada Humphrey Rusli (kiri), pembicara sekaligus COO SEA Corp. |
SURABAYA (Surabaya Pagi)—ActionCOACH Surabaya atau SEA Corp., sebuah lembaga pendampingan bisnis kembali menyapa
Jembatan Merah Plaza Surabaya. Ini merupakan kunjungan ketiga setelah dua
pertemuan sebelumnya dinilai cukup sukses. Pertemuan ketiga ini kembali
diadakan di Meeting Room Even dan Promosi Jembatan Merah Plaza Surabaya. Kali
ini, seperti yang sebelumnya, pihak JMP kembali mengajak beberapa karyawan dan
pemilik bisnis dari beberapa tenant yang ada di JMP untuk menghadiri seminar
tersebut.
Pada seminar singkat yang dilangsungkan
Selasa (24/9) ini, Coach Humphrey Rusli selaku pembicara menegaskan perlunya
seorang pebisnis memiliki strategi jitu untuk bersaing dalam menjalankan
usahanya. Bisnis, kata Coach Humphrey Rusli, tidak akan terlepas dari strategi
pemasaran. Hal itu dibutuhkan untuk mengundang pembeli sebanyak mungkin agar
memperoleh keuntungan besar. Hanya, tentu ada beberapa kiat yang perlu
diperhatikan.
“Ini akan berhubungan dengan advertising,” kata Coach Humphrey Rusli
pada Surabaya Pagi yang ditemui di
sela acara berlangsung. “Advertising di sini adalah bagaimana melakukan
pemasaran dengan cara yang sehat, bukan dengan cara yang tidak sehat. Bukan
hanya dengan cara besar-besaran uang, bukan hanya dengan promosi besaran harga
(diskon), tapi dengan cara yang lebih smart,” papar Coach Humprey Rusli.
Seperti prinsip ekonomi, pengeluaran sekecil mungkin untuk keuntungan yang
lebih besar.
Selama ini, orang-orang yang berbelanja
berkutat dengan masalah kualitas barang, “padahal memang tidak ada yang akan
ngomong sebuah produk tidak berkualitas atau tidak bagus. Apakah kita berani
bilang produk kita lebih bagus dari yang lain? Sekarang banyak produk yang sama
diproduksi oleh orang berbeda, kualitasnya tidak beda jauh. Jadi jika kita
tidak memiliki kualitas premium dibanding produk lain, itu tak akan berpengaruh
di mata pembeli,” kata coach yang sudah berpengalaman di bidang seminar bisnis
ini.
Jadi, masalahnya bukan hanya pada kualitas,
karena orang tidak akan terlalu mempedulikan itu di bawah alam sadarnya. Pada
kenyataannya, ada hal-hal di luar kualitas yang bisa mempengaruhi laku tidaknya
suatu produk, “contoh, seorang pasien lebih memilih dirawat seorang dokter yang
cantik walau tak seberapa pintar, dibanding dokter lainnya. Ada faktor yang tak
logis, tetapi berpengaruh dalam mengundang pelanggan.” Bagaimana mengemas
produk kita secara smart dan memperkenalkan produk pada pelanggan tanpa terlalu
mengeluarkan biaya besar, itu yang sering dilupakan.
Walau ini menjadi seminar terakhir dari SEA Corp. untuk
JMP di bulan ini, tetapi melihat animo peserta seminar yang hadir, tak menutup
kemungkinan SEA Corp. dan pihak JMP akan bekerjasama lagi di lain kesempatan.***Berita ini merupakan berita kerjasama ActionCOACH dengan JMP, yang dimuat di harian Surabaya Pagi, 25 September 2013 hal. 14.
0 komentar:
Posting Komentar