Mendapat konsumen
loyal bukanlah sebuah keberuntungan semata. Lebih lanjut, poinnya adalah
bagaimana strategi yang digunakan. Hal ini disampaikan oleh Humphrey Rusli,
dalam CEO Power Lunch, sebuah acara rutin SEA Corp. (ActionCOACH East Java
& Bali) yang ditujukan khusus untuk para owner bisnis.
Coach Humphrey memberikan materi tentang "Getting and Keeping Best Customer" |
Bertempat di Kahuripan Room, hotel Sheraton
Surabaya (24/07/13) acara ini mengangkat tema “Getting and Keeping Best Customer”. Kendala utama untuk mendapatkan
customer yang ‘baik’ ternyata
terletak pada tim. Seperti diungkapkan Humphrey, tim dalam sebuah perusahaan,
harus punya konsistensi untuk menembus level best customer.
“Kami para business
coaches melihat, selama ini owner
bisnis masih disibukkan berbagai masalah seperti keuangan, distribusi barang dan
sebagainya, sampai melupakan tim mereka. Padahal, how well you train your team menentukan seberapa cepat Anda
mendapatkan best customer Anda,’
tegas COO SEA Corp. sekaligus business
coach internasional ini.
Humphrey menyebut, ada 2 hal yang perlu
diperhatikan dalam mengontrol sebuah tim. Pertama, siapa orang yang tepat untuk
melakukan itu (who’s doing it) dan
bagaimana owner bisnis mengontrol timnya
(how do you control your team).
Lebih lanjut, selain training tim, kunci utama
terletak pada strategi. Dalam getting and
keeping best customer, strategi berarti melakukan “education-based marketing”, sebuah konsep marketing yang didasarkan
pada pemberian edukasi pada masyarakat atau prospek yang dituju.
“Getting
your best customer is not about luck. Ada proses dan strategi yang
dijalankan untuk mencapai semua itu, salah satunya dengan membuat calon customer kita teredukasi. Selain
membangun kepercayaan, keuntungan lainnya akan lebih banyak menarik orang,
karena Anda mengedukasi mereka, tanpa terlihat selling barang Anda,” papar pria yang akrab dipanggil coach
Humphrey ini.
Pendapat
para CEO :
1. Wahyudi
Jonathan – Gaya Indah
“Gaya penyampaian materi dalam CEO
Power Lunch lebih pada komunikasi 2 arah. Kita sebagai business owner lebih dihargai dan tidak dihakimi, karena coach
Humphrey merangkum dan menyamakan beberapa pemikiran peserta yang berbeda.
Materi yang diberikan juga mengena. Sifatnya mendasar dan berguna memancing
para pemilik bisnis untuk diterapkan dalam usaha mereka.”
“Materi yang diberikan lebih fokus dan tidak
melebar. Sifatnya juga simpel dengan gaya penuturan yang mudah dicerna,
sehingga kami juga bisa dengan mudah mengaplikasikannya.”
0 komentar:
Posting Komentar