“Gimana caranya menangani Dinosaurus?”
“Dinosaurus?”
“Iya, dinosaurus itu julukan buat karyawan
lama yang mentok.”
“Mentok?”
“Iya Coach, mentok itu ndak bisa
diajari hal-hal baru.
Mereka ini kan karyawan peninggalan.”
“Peninggalan?”
“Wah...Coach heran ya dengan istilah-istilah kami. Mereka ini karyawan-karyawan yang direkrut oleh manajemen lama,
dengan kebijakan lama.”
Oo...saya
pun menganggukkan kepala tanda mengerti.
Anda
mungkin pernah mengalami hal yang serupa. Terutama ketika arah bisnis utama
kita berubah, maka mungkin sekali terjadi hal seperti di atas.
Contoh,
sebuah usaha cuci-cetak foto yang pernah jaya di masa lalu, harus banting setir
menjadi cetak digital. Peralatan produksinya ganti, sesuai dengan perubahan teknologi. Begitu juga karyawan-karyawan intinya. Kompetensi yang dibutuhkan
berbeda.
Perubahan
mendadak tentu akan memakan korban. Karyawan yang termasuk “dinosaurus” dan tidak bisa mengikuti perubahan, terpaksa harus resign.
Apakah hal
seperti ini bisa kita hindari? Tentu saja bisa. Sebenarnya fenomena
“dinosaurus” tidak akan terjadi jika sebelumnya kita melakukan tindakan
pencegahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan training secara reguler. Pelatihan rutin
yang disesuaikan dengan perubahan jaman, bukan hanya akan mendevelop karyawan kita. Lebih jauh, akan
menjadikan bisnis kita bertahan dalam segala ‘cuaca’ termasuk perubahan
teknologi.
Lalu bagaimana jika sudah terlambat? Bagaimana jika core business sudah terlanjur berubah. Apakah kita masih bisa memanfaatkan
karyawan-karyawan lama?
Menurut saya, tidak ada salahnya memberikan kesempatan kedua pada
mereka. Misal dengan explore atau
menggali bakat dan kemampuan mereka di bidang lain. Atau peluang untuk belajar dan
mendalami kembali kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya dan di’upgrade’ menyesuaikan kondisi terkini.
Nah, bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan agar fenomena
“dinosaurus” tidak terjadi pada bisnis Anda ke depan? Bagaimana langkah yang
dilakukan untuk meminimalisirnya?
Salam The NEXT
Level!
* Coach Suwito
Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun
Bisnis Keluarga dan franchise
otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year
2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah
banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih
menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam
bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar