Apa saja
yang dibutuhkan agar bisnis bisa berumur panjang? Itu pertanyaan saya di sebuah
acara business gathering.
Bisnis itu
harus 'sehat'. Demikian jawaban seorang pria di depan saya. Dari wajahnya, terlihat
beliau sudah senior, sudah banyak makan “asam garam”.
Yang
dimaksud sehat itu seperti apa? Tanya saya lagi, sambil memberi kesempatan pada
hadirin yang lain untuk menjawab.
“Sehat
keuangannya”, sergah seorang ibu yang duduk di barisan tengah.
“Bisnisnya
bertumbuh”, jawab yang lainnya.
“Selalu
berpromosi”, kata anak muda yang duduk di belakang.
“Brand
atau merk nya terkenal...”
“Pemiliknya
karismatik”...”Karyawan nya bekerja dengan antusias”...dan banyak jawaban
lainnya.
Saya pun
lalu berusaha memberi kesempatan kepada masing-masing yang hadir, untuk
menyampaikan argumen tentang bisnis yang sehat itu seperti apa.
Keuangan? Ya tentu saja keuangannya
harus baik. Seperti apa? Misalnya, meski memiliki hutang, tapi perusahaan itu
bisa memenuhi kewajiban (membayar) sesuai kesepakatan awal.
Ada lagi,
yaitu selalu tersedia uang cash dalam
jumlah yang cukup. Atau perusahaan itu tidak membiarkan uang kas mengendap
dan tidak produktif. Dan ada banyak lagi argumen.
Bagi saya,
sebuah perusahaan dibilang sehat bila selalu punya produk yang diminati
konsumen. Dengan demikian, arus penjualan yang menghasilkan cash dan profit akan selalu
terjaga.
Bagaimana
kita bisa selalu memiliki produk yang diminati konsumen? Ya kita harus
melakukan riset dan pengembangan terus menerus. Cari tahu, apa yang diminati
konsumen atau ciptakan tren kebutuhan konsumen.
Berikutnya,
perusahaan harus bisa menjaga agar konsumennya selalu puas. Sebuah perusahaan
yang mampu menjaga kepuasan konsumen, akan mudah meng-konversi konsumen (yang
membeli untuk pertama kali) menjadi pelanggan (yang membeli untuk kedua, ketiga
hingga kesekian kali).
Selalu
menyediakan produk yang diminati dan memiliki pelanggan yang setia akan
menjamin pasokan cash dan profit.
Inilah
hal-hal yang harus dimiliki sebuah perusahaan yang sehat dan tentu saja
berpeluang untuk berumur panjang.
Salam The
NEXT Level!
* Coach Suwito
Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun
Bisnis Keluarga dan franchise
otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year
2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah
banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih
menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam
bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar